Senin, 23 Oktober 2017

CARA PERAWATAN TIMBANGAN

Langkah langkah yg harus dilakukan saat menyalakan timbangan:



1. Semua Posisi kabel timbangan dan alat pendukung yg terkoneksi ke timbangan harus terlepas dari jala2 listrik PLN.
2. Jika hanya menggunakan stavolt (merek apapun) wajib nyalakan dahulu stavolt,kemudian nyalakan UPS, kemudian tancapkan kabel power timbangan ke jala jala listrik output stavolt. (jika ada UPS, maka kabel power timbangan wajib diletakkan di output UPS)
3. nyalakan printer
4. nyalakan computer (jika ada)

Langkah langkah yg harus dilakukan saat mematikan timbangan :

1. Tekan tombol on/off hingga keluar tulisan “standby” di layar timbangan.
2. matikan printer
3. matikan computer (jika ada)
4. matikan UPS (Jika ada)
5. matikan stavolt / cabut power stavolt dan semua jaringan listrik tempat alat2 pendukung timbangan dari jala – jala listrik PLN.

Yang harus diperhatikan selama kegiatan penimbangan :

1. Wajib memperhatikan cuaca disekitar wilayah timbang. Jika sudah terlihat mendung gelap,hujan dan petir, harap stop penimbangan dan cabut semua power timbangan dan alat2 pendukungnya (ups,printer,computer) dari jala2 listrik PLN.
2. Wajib dihindarkan peletakan alat2 komunikasi berbasis radio (HT) didekat/diatas alat2 pendukung timbangan(computer,ups,printer,stavolt)
3. Wajib memperhatikan kebersihan sekitar jembatan timbang. Jika sudah terlihat banyak sampah dan kerikil2 yg mengisi sela2 timbangan, harap dibersihkan. (Agar terhindar dari kotoran mengganjal dan bahaya tikus)
4. Jika sudah stop menimbang, maka semua koneksi power timbangan dan alat2 pendukung yg terkoneksi ke timbangan (UPS,PRINTER,KOMPUTER) WAJIB DICABUT dari jala jala listrik PLN. (Agar terhindar dari serangan petir yg masuk melalui jaringan kabel kabel PLN)
5. Jembatan timbang adalah alat untuk menimbang,sesuai dengan fungsinya, maka seyogyanya yg melewati jembatan timbang hanyalah mereka yg melakukan penimbangan. Selain hal tersebut,wajib dihindari.
6. Semua kendaraan yg masuk ke jembatan timbang diwajibkan masuk dengan kecepatan rendah dan langsam,kemudian mengerem dengan normal (tidak mendadak). (Agar komponen bumper,loadcell timbangan awet).

CARA PERAWATAN TIMBANGAN

Pastikan yg utama dan pertama adalah timbangan anda bisa bergoyang dgn sempurna seperti goyang dumang cita citata 😀
Pastikan sela – sela antara cor rampge dan besi jembatan, bawah besi timbangan dan loadcell serta bumper2 baut tidak ada kotoran menggumpal, karena jika sampai terjadi, maka timbangan akan minus hingga ratusan KG
pastikan membuka tutup manhole (jika ada) utk kemudian diberi lapipsan grease atau stempet pada kaki kaki sensor loadcellnya setiap minimal 3 bulan sekali. Hal ini berguna supaya baja sensor awet dan tidak mudah aus
Perhatikan pipa pipa yg menutupi jalannya kabel loadcell, tutup ujung2nya agar tak dimasuki tikus, secara rajin siram dengan solar atau cairan berbau keras jika daerah tersebut rawan tikus, jika pipa rusak, maka sebaiknya diganti, karena hal itu utk meminimalisasi kabel dimakan tikus.
demikian saran pemakaian dan perawatan timbangan yg baik dan benar. Semoga bermanfaat.

2 komentar: